3 Bumbu Dapur ini Ternyata Ampuh Usir Karat

Thursday, 16 February 2017

Saat Anda malas melakukan perawatan pada mobil, karat akan sangat mudah muncul. Karat pada komponen mobil bisa berakibat bahaya, karena akan berujung keropos. Jangan khawatir, cara membersihkannya cukup mudah kok. Ada 3 bumbu dapur yang bisa Anda andalkan untuk mengusir karat. Ketiga bumbu dapur tersebut antara lain cuka, lemon, dan baking soda.

Cuka ampuh untuk mengusir karat karena memiliki asam nitrat atau asam asetat dalam kandungannya. Untuk mengandalkannya, Anda bisa copot komponen yang berkarat dan merendamnya dalam larutan cuka selama 1-2 hari. Jika komponen tersebut sulit atau tidak bisa dilepas, Anda bisa menuangkan cuka ke bagian yang berkarat dan menggunakan sikat untuk membersihkan karatnya.

Lemon juga mampu mengusir karat karena mengandung asam nitrat juga. Cara kerjanya hampir sama dengan larutan cuka, yakni dengan melepas komponen yang terkena karat dan direndam di larutan lemon.

Jika di dapur Anda tidak memiliki kedua bahan tersebut, Anda masih bisa mengandalkan baking soda. Caranya, rendam sikat atau lap yang akan digunakan di larutan baking soda. Setelah itu, sikat atau lap tersebut dipakai untuk menggosok bagian yang berkarat.

Ulangi prosesnya hingga karat benar-benar menghilang dengan sempurna. Silakan dicoba.