6 Tempat Wisata Cantik dan Layak Dikunjungi di Jawa Barat

Wednesday, 31 May 2017

Jawa Barat tidak hanya punya  Gunung Tangkuban Perahu, Anyer  dan Pangandaran saja yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Banyak tempat-tempat lain yang menarik yang layak untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, tempat ini pun terlihat sangat cantik bila di-posting di Instagram. Silakan pilih enam tempat wisata cantik  dan layak dikunjungi di Jawa Barat. 

Ranca Upas 
Daerah yang berlokasi di Ciwidey – Patenggang Bandung ini mulai hits sejak tahun 2015 lalu. Ranca Upas dikenal juga dengan nama Kampung Cai Ranca Upas ini merupakan bumi perkemahan terkenal di Bandung Selatan.  Dengan area seluas  215 hektar, Ranca Upas juga tempat konservasi berbagai macam tumbuhan langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan dan Kitambang.  Berada di ketinggian  sekitar 1700 meter,  udara Ranca Upas sangatlah sejuk. Berkisar antara 17 derajat hingga 20 derajat celcius. Selain kemping banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan antara lain, bermain dengan rusa di penangkaran rusa, menikmati  kolam pemandian air panas dan waterboom. 
Harga masuk Ranca Upas sangat terjangkau. Untuk perorangan sekitar Rp. 10.000, kendaraan roda empat Rp 5000, - , kendaran roda dua Rp 2000,- dan kendaraan bus Rp 20.000.

Leuwi Lieuk Sentul Bogor 
Bagi warga Jakarta yang penat dengan keriuhan ibu kota, Bogor merupakan pelarian yang sempurna.  Sempatkan berwisata ke Leuwi Lieuk di Sentul Bogor. Surga dengan pemandangan ini letaknya  tersembunyi dibalik hutan pegunungan Sentul Selatan.  Leuwi Lieuk berada di satu wilayah dengan Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat.

Letak Leuwi Lieuk berada di atas bukit. Sedikit dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki bukit. Lokasi Leuwi Lieuk cukup unik karena dikelilingi oleh tebing.  Di tempat ini kita bisa berenang atau sekadar berjemur di antara bebatuan besar yang ada. Walau ada penjual mie instant sebaiknya kita sudah mempersiapkan diri dengan membawa bekal dari rumah.  Hati-hati juga ketika berkunjung di musim hujan karena akses menuju tempat ini sering tertutup hujan dan lumpur.  Harga tiket masuk sekitar Rp. 10.000. 

Floating Market Lembang 
Sebagai ibu kota propinsi Jawa Barat dan letaknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, Bandung merupakan tempat berakhir pekan yang sering dipilih oleh warga ibu kota. Salah satu tempat wisata di udara terbuka yang bisa dikunjungi adalah Floating Market Lembang. 

Floating Market merupakan kawasan wisata terpadu dengan konsep pasar terapung dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sambil menikmati menikmati makanan dan minuman yang tersedia disana. Harga tiket masuk Rp 15.000 bisa ditukar dengan aneka minuman seperti kopi,the, milo atau lemon tea. Selain menikmati pemandangan, bagi pengunjung juga bisa menikmati berbagai permaianan anak-anak dan dewasa seperti perahu air, kereta air dan outbound. 

Tebing Keraton  
Bagi  pemburu matahari terbit, Tebing Keraton adalah salah satu tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit.  Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial – Bandung Jawa barat. 

Tebing keraton ada di atas Taman Hutan Raya Ir H Djuanda dan berada di ketinggian 1200  meter. Dari atas tebing pengunjung bisa melihat pemandangan hijau dari hutan raya. Seperti layaknya perjalanan hiking atau trekking kita perlu menyiapkan stamina yang cukup agar bisa mencapai puncak. Siapkan jaket, minum dan sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman atau sandal gunung. 

Green Canyon
Salah satu tempat indah yang wajib dikunjungi di wilayah Jawa Barat Green Canyon. Berlokasi di Desa Kertayasa, kecamatan Cijulang Ciamis, Green Canyon berada 31 km dai kota Pangandaran. 
Nama Green Canyon sendiri merupakan pemberian dari turis Perancis yang datang ke tempat ini tahun 1993. Dikarenakan airnya yang jernis kehijauan dari sungai dan lumut di sisi tebing yang membuatnya cocok dengan nama Green Canyon. 

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini mulai dari berenang, menyusuri gua untuk menikmati stalaktit dan stalagmite yang indah, berperahu sepanjang sungai atau sekadar duduk di antara bebatuan yang besar. Salah satu kegiatan yang menjadi favorit pengunjung adalah body rafting. Dengan merongoh kocek sekitar 150 ribu hingga 250 ribu, kita bisa menikmati paket body rafting. Tidak hanya rafting tapi juga melompat dari tebing dai ketinggian mencapai 9 meter dan juga trekking. 

Curug Cikaso 
Jawa Barat termasuk wilayah yang memiliki banyak air terjun yang indah. Salah satu yang sering dikunjungi oleh Curug Cikaso yang terletak di Sukabumi. Curug ini memiliki tiga air terjun yang berdampingan dengan  ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing sekitar 100 meter. 

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dimana pada bagian bawah air terjun terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan satu air terjun agak tersembunyi. Selain menikmati indahnya air terjun, pengunjung pun bisa berenang. Bagi kita yang tidak mahir berenang harap berhati-hati karena kedalaman kolam mencapai 15 meter.  Harga tiket masuk bagi pejalan kaki sekitar Rp 3000/orang, biaya kebersihan Rp 2000/orang, mobil Rp 27.000