All Wheel Drive Modern, Bye Bye Tuas

Thursday, 10 November 2016

All wheel drive system, pencinta mobil pasti sudah akrab dengan istilah ini. Tapi,  yang dikembangkan Hyundai pada Santa Fe memiliki sistem yang jauh lebih modern dibandingkan 4 wheel-drive yang kita kenal selama ini. Tak hanya membantu gerak roda di medan buruk, tapi juga efisiensi bahan bakar. 

Pada 4 wheel drive yang dirancang untuk SUV off-road, keempat rodanya tidak bergerak sepanjang waktu. Pada kondisi jalan normal, hanya roda belakang gerak. Sedangkan roda depan bergulir bebas. Selain itu untuk mengaktifkan 4-wheel drive, driver harus menarik tuas yang ada di kabin, atau dari luar memutar dial untuk mengunci hub di roda depan. Sistem 4 wheel drive modern bekerja dengan lebih praktis. Dikendalikan dengan tombol, dengan beberapa pengaturan yang memungkinkan sistem bekerja lebih baik. 

Sedangkan All-wheel drive yang dikembangkan Hyundai, punya inovasi yang jauh lebih baru seperti yang diaplikasi pada Hyundai Santa Fe dengan orientasi kinerja mobil sport. Tentu lebih aman di permukaan apapun, terutama dalam cuaca buruk. Kekuatan mesin melalui gearbox ke pusat diferensial, lalu dari gigi membagi ke as roda depan dan belakang untuk mendistribusikan kekuasaan antara roda belakang maupun depan.

Sistem all-wheel drive modern ini dikendalikan komputer kendaraan dengan sensor, baik suara maupun objeknya. Sensor diletakkan pada setiap roda untuk memonitor traksi, kecepatan roda, dan ratusan data. ECU (engine control unit) mengelola daya yang dikirim sesuai kondisi jalan dan kebutuhannya.

Pada jalan tol dalam kondisi normal, sistem akan mengirimkan sebagian besar tenaga ke roda belakang untuk mencapai efisiensi bahan bakar maksimal. Jika grip bermasalah misalnya jalan tertutup salju, sistem secara otomatis menyebar kekuatan lebih merata di keempat roda, meningkatkan traksi. 

Ketika kondisi jalan benar-benar buruk, all-wheel drive membantu pengemudi mendapatkan traksi pada permukaan licin. Dikenal sebagai torque vectoring, memungkinkan perbaikan dalam penanganan dan segala cuaca drivability.

All wheel drive juga dibekali Autonomous Emergency Braking System dengan menggunakan kamera dan sensor radar untuk memberikan sinyal pengendara jika kemungkinan menabrak. Aplikasi pengereman ini juga penting untuk menghindar atau mengurangi tabrakan dengan pejalan kaki atau kendaraan lain.

Sensor parkir depan dan belakang memiliki kualitas sebagus kamera belakang, dilengkapi touchscreen display. Sensors di bumper belakang memberikan sinyal suara yang meningkat dengan frekuensi dan tone meningkat jika mendeteksi objek di belakang.

Keren kan...