Apa Itu Hyundai PAV Concept?

Thursday, 27 February 2020

Pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2020, Hyundai Motor Company memamerkan kejutan di dunia transportasi. Alih-alih sebuah produk mobil konsep canggih, transportasi udara yang jadi sorotan utama. Disebut dengan Hyundai PAV (Personal Air Vehicle) Concept.

Hyundai PAV merupakan sebuah visi konsep transportasi urban (urban air mobility/UAM) untuk smart city. Bekerja sama dengan Uber, Hyundai menggandeng Aria Group untuk mengubah prototipe menjadi kenyataan dengan wujud yang dipenuhi material serat karbon. Struktur serat karbonnya dinilai sangat rumit, begitu juga dengan sistemnya.

Kreasi kerja sama Hyundai dan Uber diberi sebutan konsep S-A1 dan tampil pada CES 2020. Meski prototipe masih dikendalikan orang dengan kontrol jarak jauh, S-A1 ditargetkan bisa beraksi nirpilot jika teknologinya sudah siap. Hyundai bakal bertanggung jawab pada pengembangannya. Dibekali dengan banyak rotor dan punya sistem parasut sebagai jaminan safety.

Namun secara ide dasar, Hyundai PAV berbasis kendaraan listrik dan merupakan kendaraan autonomous tanpa pilot. Ia juga bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal untuk kemudahan mobilitas.

Hyundai PAV hadir sepaket dengan PBV (purpose built vehicle) dan the Hub. PBV punya fungsi seperti shuttle untuk mengangkut orang maupun barang ke the Hub. Sedangkan the Hub seperti stasiun atau landasan khusus untuk PAV. Dalam paparan ide visi masa depan, Hub bakal dibangun pada sejumlah titik kota-kota besar. Sehingga pada akhirnya, semua transportasi bakal terintegrasi dan menciptakan smart city.