Bahaya Mengemudi Malam Hari

Thursday, 24 August 2017

Dalam kehidupan dinamis dan modern seperti sekarang, berkendara malam hari merupakan sesuatu yang lumrah. Kepadatan lalu lintas kerap menjadi alasan kita untuk berkendara di malam hari, antara lain untuk menghindari macet. Namun ternyata berkendara di malam hari itu berbahaya, terlebih kalau kita lalai terhadap kebugaran fisik maupun kendaraan. Agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan, sebelum kita berkendara malam hari, kita wajib memperhatikan hal-hal berikut.

 

1. Perhatikan Fisik Kendaraan

Siapkan kondisi mobil sebaik-baiknya, terutama lampu kendaraan. Pastikan semua berfungsi normal. Hal ini krusial karena lampu selain menerangi kondisi jalanan sekitar kita, juga merupakan satu-satunya sarana berkomunikasi dengan pengendara lain ketika malam hari, baik itu lampu sein atau lampu rem.

 

2. Persiapkan Fisik

Ketika fisik dalam kondisi lelah, jangan paksakan diri untuk mengemudi malam. Karena mengemudi malam membutuhkan konsentrasi lebih tinggi akibat indera penglihatan bekerja lebih keras. Jika baru pulang kerja di malam hari dan perjalanan Anda jauh, sebaiknya Anda bersantai dulu agar fisik tidak terlalu lelah.

 

3. Atur Spion Tengah Dalam Posisi Night Mode

Spion tengah beberapa mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur Night Vision Mode, yang bisa secara otomatis mereduksi pantulan sinar lampu dari mobil di belakang. Namun jika mobil Hyundai Anda belum dilengkapi fitur tersebut, maka Night mode bisa diaktifkan dengan menekan switch yang ada di bawah kaca spion tengah. Selain itu juga usahakan agar kaca spion kanan dan kiri tidak memantulkan sinar lampu dari mobil belakang tepat ke mata.

 

4. Hindari Cahaya Terang Di Dalam Mobil

Jika instrumen panel bisa diatur cahayanya, maka sebaiknya jangan disetel terlalu terang. Hal ini agar mata tidak cepat lelah akibat melihat cahaya terang dan kontras di dalam mobil. Jika memakai GPS dari smartphone, usahakan tingkat kontrasnya juga dikurangi sampai tidak menyilaukan.

 

5. Atur Kecepatan

Terbatasnya penglihatan di malam hari mengharuskan kita lebih waspada terhadap kondisi lalu lintas. Karena itu aturlah kecepatan sehingga Anda bisa memperhatikan kondisi sekitar mobil. Serta jangan lupa menjaga jarak dengan mobil di depan sehingga kita mempunyai waktu untuk mengerem atau bermanuver bila terjadi sesuatu.

 

6. Hindari Menyetir Menjelang Pergantian Hari

Menyetir pada pergantian hari, misal dari sore ke malam atau malam ke pagi hari adalah hal yang tidak rekomendasi dari sisi safety driving. Hal ini karena manusia membutuhkan penyesuaian akibat transisi cahaya. Sehingga mata akan bekerja lebih berat karena selain harus fokus, juga harus beradaptasi dengan perubahan cahaya. Sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu ketika memasuki pergantian hari seperti ini.