Begini Cara Mengaktifkan Launch Control

Tuesday, 24 September 2019

Sebagai model yang terinspirasi dari dunia balap, Hyundai i30 Fastback N dilengkapi dengan fitur Launch Control. Fitur yang mengoptimalkan akselerasi awal itu, memberi pengalaman berbeda ketika dibenamkan pada mobil jalanan seperti Hyundai i30 Fastback N. Meski begitu, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan fitur Launch Control. Malah sampai menganggapnya rusak. 

Ada sejumlah kondisi yang perlu dipenuhi sebelum bisa mengaktifkan Launch Control. Pertama, mesin sudah dalam kondisi siap atau dipanaskan terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan sabuk keselamatan, pastikan semua pintu dalam kondisi tertutup baik dan tidak ada lampu indikator menyala terkait kesalahan pada mesin.

Berikutnya, pilih mode berkendara N dan periksa posisi Electronic Stability Control (ESC). Pilih mode ESC menjadi Sport. Injak pedal kopling dan pindah tuas transmisi ke gigi 1. Pastikan kemudi lurus, tidak berbelok sedikit pun dan jangan lupa melepas rem parkir. 

Kemudian injak habis pedal akselerator dan sistem Launch Control bakal menetapkan batas putaran mesin. Pesan bertuliskan "Launch Control Ready. Use clutch to launch" dan "Adjust RPM" bakal muncul pada layar LCD di tengah panel meter.

Kalau dibutuhkan, bisa memilih Adjust RPM untuk menyetel batas putaran mesin. Caranya dengan memanfaatkan tuas kecil di palang kemudi yang berfungsi sebagai pengatur cruise contorl. Tentu dengan fitur cruise control tidak aktif, sehingga kontrol bisa digunakan untuk menyetel putaran mesin. Kalau bahan bakar mobil dinilai terlalu sedikit, sistem tak akan mengizinkan untuk mengatur RPM. 

Bagi banyak orang yang belum berhasil, rata-rata dikarenakan kondisi yang tidak memenuhi syarat. Sehingga sistem mendeteksi tidak diperlukan Launch Control. Karena fitur itu sangat dekat dengan dunia balap, beberapa kondisi memang sangat penting diperhatikan. Misalnya, sabuk keselamatan belum terpasang, jendela ada yang kurang tertutup rapat, kemudi tidak di posisi tengah atau lurus dan lain sebagainya. Tentu itu dibuat dengan memperhatikan unsur safety. Jadi, pastikan semuanya sudah benar dan Launch Control bisa dinikmati.