Benang Merah Desain Hyundai di Masa Depan

Sunday, 18 March 2018

Hyundai Motors Corporation menggebrak ajang Geneva International Motor Show (GIMS) 2018 dengan mobil konsep untuk masa depan. Hyundai Le Fil Rouge (HDC-1) hadir di GIMS 2018 sebagai penanda desain masa depan Hyundai. Mobil konsep ini lebih mengarah ke bahasa sporty sensual dengan desain yang mempersempit jarak antara bentuk dan fungsi.

Sesuai namanya, Le Fil Rouge (Benang Merah) juga merupakan cerminan dari keyakinan Hyundai bahwa desain masa lalu, sekarang, dan masa depan semua sudah terhubung. “Le Fil Rouge adalah reinterpretasi DNA desain Hyundai yang berasal dari konsep Hyundai Coupe Concept pada 1974,” kata Luc Donckerwolke, Executive Vice President dan Head of Hyundai Design Center.

Hyundai Le Fil Rouge ini mengusung konsep Sensuous Sportiness, yang bakal menjadi pendekatan terbaru dalam desain mobil Hyundai. Nantinya semua kendaraan Hyundai di masa depan, mulai dari sedan hingga SUV akan mengambil desain dari Le Fil Rouge ini. Tujuan dari tema baru ini adalah menghadirkan kecantikan naluriah, menciptakan nilai emosional dan ketertarikan pada kendaraan Hyundai.

“Tujuan kami adalah membangun brand dengan menciptakan kendaraan bernilai emosional tinggi untuk membentuk kembali pemandangan desain mobil. Inilah dasar konsep kami,” tambah Sang-yup Lee, Vice President and Head Hyundai Styling.

Hyundai tidak semata-mata menciptakan mobil konsep yang enak dipandang saja, karena banyak perhitungan matematis yang sangat dipikirkan dan tidak hanya aspek estetika saja. Desain luarnya menonjolkan sebuah sedan yang sporty dengan desain gril ‘Cascading Grille’ khas Hyundai.

Le Fil Rouge menciptakan karakter proporsional melalui wheelbase panjang, roda besar, dan overhang pendek. Wheelbase yang panjang untuk menyuguhkan kabin yang lega. Tak hanya itu, untuk manuver dan handling juga turut diperhitungkan hingga ke penempatan wiper yang diatur jaraknya ke roda depan.

Desain interior membedakan antara kebutuhan pengemudi dan penumpang. Kursi penumpang depan memaksimalkan kenyamanan bahkan pada perjalanan jarak jauh dengan ruang kaki yang lebih luas, sementara posisi duduk pengemudi dirancang untuk menambah kesenangan berkendara dengan ergonomi yang optimal.

Interiornya menggunakan rangka tubular agar menyatu dengan tampilan luarnya. Rangka tubular ini dibikin seakan mengambang dari depan ke belakang. Suasana di dalam kabin terinspirasi dari kokpit pesawat namun memadukan unsur kayu dan fabric canggih. Layar hiburan menggunakan layar panoramic di depan pengemudi, sementara penumpang belakang mendapatkan layar sentuh.