Cek Bilah Wiper Saat Musim Hujan Tiba

Monday, 02 March 2020

Menyambut musim hujan, sejumlah bagian mobil perlu dicek kondisinya. Salah satu yang terpenting, bilah wiper. Kondisi wiper harus prima kala menghadapi cuaca hujan. Kalau tidak, bisa mengganggu proses berkendara. Yang terparah, menyebabkan kecelakaan. Karena wiper sangat mendukung visibilitas saat menyetir melewati guyuran air hujan.

Pertama diperiksa, fungsi motor. Apakah masih bergerak normal atau tidak. Kemudian, kondisi karet wiper. Kalau dari pemeriksaan ada yang kurang baik kondisinya, harus segera ditangani. Ganti wiper dengan yang baru kalau karet sudah tak optimal menyeka air dari permukaan kaca.

Cara mengecek kondisi karet wiper sangat mudah. Terkadang, bisa dilihat kalau karet sudah mulai mengeras dan menjadi getas. Kalau tak kasatmata, langsung diuji kinerjanya. Cukup aktifkan water spray seperti biasa. Wiper biasanya otomatis menyapu air pada kaca. Kalau saat wiper bekerja ada sisa garis air, berarti sudah tidak optimal. Perlu untuk diganti.

Begitu juga kalau berbunyi. Biasanya disebabkan karena karet mulai mengeras. Jangan ragu untuk langsung menggantinya. Pasalnya kalau dibiarkan, selain penyapuan air kurang baik, karet wiper yang tak elastis bisa berkontribusi bikin kaca baret.