Eagle’s Eye View, Mengemudi Dengan Ketajaman Mata Elang

Thursday, 15 September 2016

Visibility atau jarak pandang merupakan variabel penting yang menentukan keselamatan. Makin minimal blindspot atau titik buta sebuah kendaraan, akan makin baik. Hyundai mengatasinya dengan inovasi luar biasa, Eagle’s Eye View (EEV). 

Teknologi yang menempel di Hyundai Santa Fe dan H-1 Limited Edition ini memberikan kemudahan dan keamanan saat mengemudi di area sempit sekalipun. Pengemudi dapat melihat area di sekeliling kendaraannya layaknya sudut pandang mata burung elang. 

Bagaimana caranya? Pada unit mobil dilengkapi 4 (empat) kamera di empat sisi kendaraan. Yaitu depan, samping kanan dan kiri, serta belakang. Mekanisme kerjanya, tiga kamera aktif secara bersamaan. Ketiganya dapat dipantau melalui head unit berukuran 8,4-inchi. 

Tiga kamera itu terletak di grille depan di bawah lambang Hyundai, serta dua lagi terletak di spion luar kiri dan kanan. Satu kamera lagi ada di bagian belakang, tepatnya di rear garnish, yang berfungsi saat mobil parkir mundur.

Makin nyaman lagi karena head unit 8,4 inci yang mendukung kinerja sistem EEV ini merupakan yang terbesar di kelasnya. Semua area yang ditangkap kamera makin terlihat jelas. Komposisi gambar yang dihasilkan kurang lebih sama dengan komposisi gambar yang dihasilkan saat kita menonton TV.

Pengoperasian EEV pun sangat mudah. Lewat satu fitur tombol tepat di bagian bawah head unit. Tinggal tekan tombol kiri, kanan atau depan untuk mengaktifkan bagian kamera mana yang ingin diaktifkan. Sedangkan untuk kamera belakang langsung aktif ketika tuas transmisi mundur digerakkan. Karena khusus kamera belakang disambungkan dengan lampu mundur.