Fitur Safety Hyundai: Penjaga Keselamatan di Jalan

Thursday, 09 November 2017

Tidak bisa dipungkiri, kelengkapan fitur keselamatan menjadi salah satu poin penting yang dicari oleh konsumen. Semakin lengkap fitur keselamatan yang dimiliki sebuah mobil, maka konsumen tak segan untuk memberikan penilaian positif terhadap mobil tersebut.

Hyundai sebagai pabrikan mobil terkemuka memiliki komitmen untuk selalu mengembangkan fitur keselamatan berteknologi tinggi. Tujuannya sudah tentu untuk memberikan ketenangan kepada konsumen. Apa saja fitur keselamatan terkini yang ada di Hyundai?

 

1. Autonomous Emergency Braking (AEB) & Forward Collision Warning (FCW)

AEB bekerjasama dengan Forward Collision Warning secara otomatis akan menghentikan kendaraan ketika sensor mendeteksi adanya kemungkinan tabrakan dengan sebuah objek. Dalam hal ini, AEB bekerja ketika pengemudi dideteksi tidak melakukan respons setelah sistem FCW sudah memberikan peringatan.

AEB akan aktif setelah mobil berada di kecepatan 10 km/jam. Untuk mencegah tabrakan dengan pejalan kaki di area pedestrian, kecepatan mobil berkisar di 60 km/jam. Sementara untuk mencegah tabrakan dengan objek mobil di depan, kecepatan maksimum mobil adalah 80 km/jam dan secara perlahan sistem akan melakukan deselerasi untuk meminimalkan efek dari tabrakan.
 

2. Blind Spot Detection (BSD)

BSD akan memberikan peringatan melalui kedipan lampu yang ada di spion mobil dan akan mengeluarkan suara ‘beep’. Ketika radar sensor yang berada di bumper belakang mendeteksi adanya kendaraan dari arah belakang dan berpotensi menimbulkan blind spot, maka radar akan mengirimkan sinyal ke spion dan lampu peringatan mulai aktif. Sistem ini mulai bekerja saat mobil berada dikecepatan mulai 30 km/jam.

 

3. Lane Keeping Assist System (LKAS)

LKAS adalah fitur yang akan memberikan sinyal ke pengemudi ketika tanpa disadari mobil sudah tidak berada di jalurnya. Sinyal yang diberikan dalam bentuk getaran di kemudi, sehingga pengemudi akan sadar dan segera mengarahkan mobil ke jalurnya. Sensor LKAS ditempatkan di bagian belakang spion tengah.

 

4. Smart Cruise Control (SCC)

SCC menggunakan radar untuk mendeteksi kecepatan dan jarak dengan mobil yang berada di depan. Secara otomatis, ketika fitur ini diaktifkan, maka sensor akan menjaga kecepatan dan jarak mobil. Kecepatan yang berlaku antara 30 km/jam hingga 180 km/jam.

 

5. Advanced Smart Parking Assist System (ASAP)

ASAP adalah fitur yang akan memarkirkan mobil secara otomatis sesuai dengan lahan parkir yang tersedia. Setelah menekan tombol parkir mode yang tersedia, mobil akan melaju pelan dan sensor mulai mencari lahan parkir yang tersedia. Ketika lahan parkir sudah didapat, secara otomatis kemudi akan bergerak dan mengarahkan mobil ke lahan parkir yang ada. Pengemudi cukup mengendalikan gas dan rem saja.