Habis Menerobos Genangan? Cek Bagian-Bagian Ini

Monday, 29 August 2016

 
Belakangan ini hujan deras masih mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Akibatnya, menerobos genangan air yang kadang cukup dalam, kadang jadi tak terelakkan. Namun ada beberapa hal yang harus diingat dan dicek setelah menerjang banjir tersebut.
 
Hal yang harus anda perhatikan adalah bagian filter udara mobil, periksalah bagian ini sesegera mungkin. Karena jika sampai ada air masuk ke bagian ini, maka mobil kesayangan Anda akan sulit untuk dijalankan. 

Bagian lainnya adalah cek bagian mesin, jika masih ada sisa air usai menerobos banjir, maka yang harus dilakukan adalah menghilangkan air tersebut menggunakan kompresor. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi air kotor tersebut masuk ke dalam bagian mesin.
 
Bukan hanya bagian mesin, bagian kelistrikan pun patut dicek. Jika ada yang bermasalah dengan bagian ini, maka Anda bisa segera ke bengkel untuk melakukan perbaikin. Setelah menerobos genangan, maka kaki-kaki pun juga harus dicek. Terutama adalah bagian fender mobil. Daerah ini rawan keropos, sehingga Anda perlu ekstra memperhatikan bagian ini. Selain itu, velg pun juga harus dicek kembali. Ini berguna untuk membersihkan jika masih ada kotoran yang menempel pada bagian velg tersebut.
 
Setelah itu, gunakan semprotan brake cleaner. Semprot bagian cakram mobil, ini berguna agar kinerja rem tidak terganggu usai menerobos genangan. Namun demikian, jika hanya berkendara dalam kondisi hujan, treatment yang dilakukan tidak begitu repot seperti habis menerjang genangan yang cukup dalam.
 
Anda hanya perlu membilas seluruh bagian permukaan mobil anda dengan air bersih. Jika waktu memungkinkan, maka segera anda cuci mobil anda. Karena sisa air hujan yang menempel terlalu lama pada cat kendaraan akan menyebabkan noda ataupun warna kendaraan menjadi kusam.