Happy Sepanjang Jalan Bersama Si Kecil

Saturday, 10 September 2016

Melakukan perjalanan menggunakan mobil dengan mengajak anak-anak, seringkali dilakukan saat berlibur. Tentu gampang-gampang susah mengajak anak agar tenang selama perjalanan. Perlu persiapan agar anak gak rewel selama perjalanan. Karena hal ini akan berpengaruh dengan konsentrasi berkendara dan anggota keluarga yang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah membuat anak nyaman di dalam mobil. 

Nah, sebelum melakukan perjalanan, persiapkan dulu perlengkapan si kecil agar tenang selama perjalanan dan gak mengganggu ayah atau ibu yang gantian nyetir. 
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yang utama adalah tempat duduk si kecil. Siapkan tempat duduk yang nyaman. Kalau masih di bawah 2 tahun, bisa disiapkan baby car seat yang dilengkapi dengan seat belt agar si kecil tenang. Kalau di atas 2 tahun dan sudah aman duduk di jok, siapkan bantal, bisa juga bantal leher agar nyaman dipakai saat mereka tertidur. 

Jangan lupa, siapkan gadget car entertainment atau mainan kesukaannya. Kalau melakukan perjalanan liburan, antisipasi macet atau jarak tempuh lama, kelengkapan ini akan membantu anak membuang rasa jenuh di mobil. Anak akan lebih mudah mengalihkan rasa jenuhnya dengan lagu, film atau mainan yang kesukaannya. Sehingga anak tetap duduk tenang. 

Siapkan perbekalan kebutuhan anak, seperti makanan, minuman adan obat-obatan yang cukup. Sehingga walaupun di dalam mobil, jam makan anak gak keteter. Anak tetap bisa menikmati makanan dan minuman. Kalau kebutuhan makan dan minum cukup, anak lebih tenang. 

Jangan lupa tetap ajarkan menjaga kebersihan mobil dengan makan rapi gak berceceran dan tetap membuang sampah sisa makanannya di tempat sampah yang sudah disiapkan. Kalau kabin bersih, bikin anak nyaman juga berlama-lama di dalam mobil. 

Termasuk dalam pengaturan barang bawaan. Jangan sampai bawaan yang banyak bikin ruang gerak anak makin sempit dan gak bikin nyaman.