Hyundai H1 Bisa Melakukan Aksi Drift

Tuesday, 10 March 2020

Anda mungkin sering melihat mobil yang digunakan dalam aksi drift, identik berbentuk sedan. Tapi, apa jadinya dan sudah pernah melihat jika mobil yang dipakai untuk drift merupakan minibus, seperti Hyundai H1?

Tentu ini bukan mimpi, karena Hyundai Australia menciptakan iMax N Drift atau jika di Indonesia model ini dikenal dengan sebutan Hyundai H1.

Sebagai mobil yang digunakan untuk aksi drift, mobil ini basisnya hanya dipesenjatai mesin Diesel CRDi berkapasitas 2.500 cc dengan kapasitas angkut 8 penumpang. Namun dalam misi ‘gila’ ini dimodifikasi dengan cukup radikal.

Modifikasi yang dilakukan terutama pada bagian jantung pacu yang diganti dengan mesin V6 3.5 Twin-Turbocharged Twin-Diesel yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 402 hp dan torsi maksimal mencapai 555 Nm. 

Tenaga besar tersebut ditransfer langsung ke roda belakang dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Perubahannya tidak sampai disitu saja, sektor suspensi juga diganti menjadi sistem elektrik dan tentunya sistem pengereman agar sesuai dengan performa mesin yang buas. 

“Drift Bus” ini juga mengalami ubahan pada pelek menjadi ukuran 19 inci sama dengan yang digunakan pada Hyundai i30 N. Pembagian distribusi berat 50-50 yang sempurna, membuat mobil ini mudah mendapatkan sudut-sudut maneuver dengan maksimal.

Kabarnya mobil ini bisa berakselerasi dari kecepatan 0-100 kpj hanya dalam waktu kurang dari 5 detik. Nah, siapa bilang sekarang mobil minibus tidak bisa diajak drift?