Hyundai Motor Group Ciptakan Airbag Baru di Konsol Tengah

Monday, 21 October 2019

Hyundai Motor Group tidak berhenti untuk mengembangkan fitur keselamatan di dalam mobil penumpangnya. Terbaru, Hyundai Motor Group tengah mengembangkan teknologi airbag terbaru yang terletak di konsol tengah. Ya, airbag ini nantinya diharapkan dapat membantu mengurangi resiko cidera pada pengemudi dan penumpang depan saat terjadi tabrakan samping. 

Airbag yang sudah dipatenkan ini akan terletak di samping kursi pengemudi, persisnya di konsol tengah yang memisahkan antara pengemudi dan penumpang depan. Airbag atau kantong udara ini akan mengembang di antara pengemudi dan penumpang depan dengan tujuan tentunya mengurangi risiko cedera kepala antara antara penumpang depan dan pengemudi.

Jika tidak ada penumpang depan pun, kantong udara konsol tengah ini akan tetap terbuka dan melindungi bagian sisi pengemudi jika terjadi tabrak samping. Airbag ini dipasang di dalam kursi pengemudi dan akan mengembang ketika terdeteksi terjadi benturan. 

Airbag di konsol tengah ini diharapkan akan dapat mengurangi resiko benturan kepala antara pengemudi dan penumpang depan hingga 80 persen. Menurut data dari Eruopean Automobile Manufacturers’ Association, kemungkinan terjadinya benturan kedua seperti ini atau membentur bagian interior adalah sekitar 45 persen. 

Tak hanya mengembangkan kantong udara baru, tapi Hyundai Motor Group juga memikirkan faktor lain seperti bobot. Di dalam komponen airbag ini terdapat komponen yaitu tether yang berfungsi untuk menjaga bentuk airbag dan tidak terdampak dari bobot penumpang. 

Hyundai Motor Group juga menghadirkan teknologi baru untuk membuat dimensi airbag dan juga mengurangi berat komponen airbag tersebut, di mana lebih ringan 500 gram dari produk serupa. Berkat ukuran yang kecil ini, tim desain Hyundai Motor Group akan lebih mudah dan fleksibel dalam menghadirkan bentuk serta desain kursi untuk mobil-mobil terbaru Hyundai di masa depan.

Dengan adanya airbag baru ini, diharapkan nilai uji tabrak EURO NCAP nantinya akan mengikutsertakan benturan samping mulai 2020 mendatang. Dan airbag milik Hyundai Motor Group dapat bekerja dengan maksimal dalam evaluasi ini. 

Airbag konsol tengah ini juga sudah memberikan Hyundai Motor Group reputasi yang baik. Nyatanya mobil-mobil Hyundai seperti Hyundai Kna, Santa Fe, Tucson, dan NEXO sudah mendapat bintang 5 dalam Overall Safety Ratings oleh NHTSA atau badan keselamatan jalan raya Amerika Serikat. Ditambah penghargaan 12 Top Safety Pick+ oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

"Pengembangan kantong udara samping di konsol tengah, lebih dari hanya sekadar menambahkan jumlah airbag di mobil,” ujar Hyock In Kwon, insinyur riset Crash Safety System Engineering Design Team dari Hyundai Motor Group.

“Kami akan terus berinovasi untuk lebih meningkatkan keselamatan penumpang dengan menyiapkan untuk segala macam kecelakaan."