Hyundai i20 WRC, Si Mungil Pelibas Segala Medan

Friday, 06 January 2017

Untuk berkompetisi dalam ajang World Rally Championship (WRC), Hyundai membangun i20 WRC. Mobil rally ini dibangun dengan basis Hyundai i20 subcompact. Pertama kali diluncurkan pada Paris Motor Show 2012. Peluncuran i20 ini yang menandakan kembalinya Hyundai dalam WRC setelah absen 10 tahun. Hyundai i20 WRC pertama kali digunakan untuk kompetisi pada tahun 2014 dalam ajang Rallye Monte Carlo.

Mobil ini dipersiapkan oleh divisi performa Hyundai, yakni Hyundai Motorsport yang berbasis di Frankfurt, Jerman. Hyundai i20 WRC dikendarai oleh Thierry Neuville, dengan rekan setimnya Hayden Paddon dan Dani Sordo. Dalam pengembangannya, Bryan Bouffier, pereli asal Prancis, juga ikut diperbantukan.

Di tahun 2015, Hyundai mempertahankan ketiga pembalap tersebut. Sebagai tambahan, Hyundai mengontrak pembalap asal Belanda, Kevin Abbring sebagai test driver Hyundai i20 WRC terbaru.

Di tahun 2016, Hyundai kembali mengembangkan i20 WRC. Kali ini, namanya menjadi Hyundai New Generation i20 WRC dan terbukti lebih kompetitif. Mobil ini meraih dua kemenangan di 2016 melalui Paddon di Argentina dan Neuville di Italia.

Hyundai sendiri berada di posisi runner up pada klasemen konstruktor, sementara Neuville juga di peringkat runner up di klasemen pembalap.