Kaca Film, Lindungi Dari Panas Sampai Kriminal

Saturday, 27 August 2016

Kaca film sangat penting buat mobil. Gak hanya mereduksi panas dari luar, tetapi juga punya nilai tambah untuk safety pengendara dan mendongkrak styling mobil. 
Ketika kaca pecah atau retak, kaca film melindungi pecahan kaca agar tidak berserakan. Untuk keamanan yang lain, kaca film juga melindungi dari tindakan kejahan, karena dengan kaca film  menyusutnya daya pandang dari luar ke dalam mobil. 
Saat ini banyak jenis kaca film yang beredar di pasaran. Dari yang paling murah hingga yang berkualitas dan punya berbagai kelengkapan fitur keamanan. 

Untuk mendapatkan kaca film berkualitas, sebaiknya datangi dealer resmi kaca film yang diingankan. Sebab, banyak brand berkualitas yang dipalsukan dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya dengan pemasangan di dealer resmi  akan mendapatkan garansi. 

Dari tipenya, kaca film punya banyak tipe, diantaranya Infra Red Reflectance (IRR), memiliki manfaat utama untuk penolak cahaya infra merah dari cahaya matahari. Daya tolak panasnya ditentukan dengan besar kecilnya persen. Makin tinggi bilangan persennya, makin banyak menampik panas. Bikin kabin mobil terasa adem dan AC awet.

Ada juga tipe Solar Energy Rejected atau kerap disebut  kaca film TSR. Fungsinya sama dengan IRR. Lalu ada  tipe Visible Light Transmittance (VLT). Tipe ini berperan menghindar masuknya sinar dari cahaya matahari. Di pasaran orang sering menyebutnya sebagai kaca film 40, kaca film 60, dan sebagainya. Makin tinggi bilangannya makin gelap.

Ultra violet Transmittance (UVT) berfingsi menolak masuknya cahaya ultraviolet matahari. Makin besar bilangan persennya, makin besar cahaya ultraviolet yang masuk. Soal harga kaca film sangat beragam, tergantung type dan mereknya. Silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan.