Kapan Evaporator AC Perlu Diganti?

Wednesday, 04 March 2020

Peran AC di mobil jadi satu hal yang sangat penting tak terkecuali baik itu di saat kondisi cuaca panas terik maupun musim hujan, terlebih bagi masyarakat Indonesia. Tentunya hal ini menjadi salah satu perhatian ketika seseorang ingin membeli mobil, karena penyejuk ruang kabin ini begitu penting untuk di negara tropis.

Namun setelah itu tentu ada hal-hal yang harus dilakukan oleh pemilik mobil agar AC mobilnya tetap dingin dan sejuk. Perawatan AC ini tidak hanya sekedar membersihkan saja tapi juga dibutuhkan perawatan rutin sampai ke seluruh peranti AC di mobil.

Minimal satu tahun sekali, semua bagian AC harus dicek dan dibersihkan, terutama komponen Evaporator. Mungkin banyak yang tidak tahu apa peran evaporator ini di AC mobil. Tapi penting diketahui karena ini adalah salah satu komponen pada AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin ke dalam kabin mobil. Evaporator ini letaknya di dalam kabin, tepatnya di belakang dashboard mobil.

Masalah yang kerap terjadi pada evaporator adalah kebocoran. Komponen yang berfungsi mendinginkan freon yang disemprotkan dari expansion valve ini menjadi kurang berfungsi ketika ada bagian yang bocor. Freon malah banyak yang terbuang melalui lubang kebocoran. Kabin mobil pun tidak akan terasa dingin.

Freon itu seharusnya tidak akan pernah bisa berkurang atau habis jika tidak terjadi kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi saja pada sistem ac mobil. Biasanya awal dari masalah pada evaporator ini adalah banyaknya debu dan kotoran yang menyumbat. Akibatnya evaporator menjadi mudah korosi hingga akhirnya terjadi kebocoran.

Cara mengetahui kebocoran pada evaporator yaitu harus dibongkar dan diberi tekanan udara sambil direndam dalam bak air, jika bocor akan terlihat gelembung-gelembung udara. Cara pengecekannya hampir mirip dengan cek bocor pada ban mobil.

Jika evaporator sudah terjadi kebocoran, kemungkinan besar sudah terjadi korosi. Artinya Anda sudah harus melakukan penggantian komponen ini. Memang harganya tergolong tidak murah, tapi jangka waktu yang diberikan akan lebih panjang. Dengan begitu Anda akan menghemat biaya dan waktu, asal nantinya wajib dijaga kebersihannya.