Merawat Jok Elektrik

Wednesday, 22 June 2016

Hyundai Lovers, walaupun jok yang ada di mobil anda sudah memakai fitur elektrik, bukan berarti jok tersebut tidak butuh perawatan lho. Memang sejatinya jok elektrik minim kerusakan, tapi bukan berarti anda tidak perlu merawatnya.
Banyak dari pengemudi mobil sering melupakan tata cara yang benar dalam menggunakan jok elektrik. Pihak APM menyarankan jika anda ingin mengatur posisi maju mundur jok, alangkah baiknya anda sedang dalam posisi berhenti.
"Memang jarang konsumen kami mengalami kerusakan kursi elektrik pada mobilnya, tapi jika mobil Anda umurnya lebih dari 5 tahun, fungsi kursi elektrik ini bisa mengalami masalah pada beberapa komponennya,"jelas Herly Yanto selaku Service Technical Division Head PT Hyundai Mobil Indonesia.
Herly juga menambahkan, akan lebih baik jika anda mengatur posisi jok dalam posisi berhenti, selain karena faktor keamanan komponen pada jok elektrik juga lebih terjaga dan akan berfungsi secara maksimal lho.
Tips yang bisa kamu coba adalah selalu bersihkan area sekitar jok ketika kamu habis berkendara. Kebersihan kabin harus selalu terjaga terlebih di area jok elektrik. Kondisi area jok yang kotor juga dapat menimbulkan adanya serangga, bisa saja dari sisa makanan yang jatuh.
Walaupun jok elektrik jarang mengalami kerusakan, tapi ketika sudah ada gejala ingin rusak biaya yang harus anda keluarkan juga cukup besar, Hyundai Lovers. Untuk mobil merek Jepang dan Korea, rata-rata biaya perbaikan berkisar Rp 200-500 ribu. Sedangkan harga komponen berkisar dari Rp 200 ribu sampai Rp 1 jutaan, tergantung merek dan tipe mobilnya.
Sedangkan untuk mobil buatan Eropa, biaya ongkos pengecekan jok elektrik berkisar dari Rp. 500 ribu sampai Rp 2 jutaan. Begitu pula dengan harga komponennya yang cukup membuat anda tercengang, harganya dapat berkisar Rp 2-10 jutaan, tergantung jenis dan merek mobilnya.