Meredam Suara Khas Mesin Diesel

Saturday, 24 March 2018

Mesin diesel terkenal lebih irit bahan bakar dan memiliki torsi yang besar dibanding mesin bensin. Ditambah lagi mesin diesel sekarang sudah dilengkapi turbocharger.

Sayangnya diesel tetap memiliki suara dan getaran yang khas, meskipun di era sekarang ini sudah jauh lebih halus. Suara gemeretaknya yang sangat khas masih tetap terdengar menyusup ke dalam kabin.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan meredam atau menghalangi suara gemeretak dari mesin tak menembus ke kabin. Agar lebih efektif, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat kabin mobil diesel lebih senyap dan suara bisingnya bisa direduksi.

Pertama, ketahui sumber suara bising, posisi mesin, dan kondisi mesin. Untuk mobil berpenggerak belakang yang posisi mesinnya menjorok, perlu dipasang peredam tambahan di sepanjang jalur propeller shaft mulai dari girboks hingga ke gardan belakang.

Peredam ini berfungsi meredam suara yang timbul dari perputaran as kopel. Untuk bagian lain, pemasangan peredam bisa disamakan untuk mobil berpenggerak depan maupun belakang.

Selanjutnya Anda bisa menambah massa pada pelat bodi dengan material yang elastis agar getaran suara dapat direduksi. Produk peredam suara sebenarnya tidak ada yang khusus diciptakan untuk mobil-mobil bermesin diesel. Anda bisa menggunakan peredam suara yang umum dipakai para instalatur audio.

Suara mesin biasanya masuk ke dalam kabin melalui lubang-lubang jalur kabel di firewall. Untuk bagian ini bisa menggunakan peredam model semprot supaya bisa mencapai celah-celah terkecil.

Ada juga peredam suara model lembaran yang pemasangannya ditempel. Peredam jenis ini banyak digunakan dan cara pakainya tinggal ditempel saja di bagian bodi seperti di balik kap mesin dengan membentuk pola sesuai tulang penguat pada kap mesin. Selain di balik kap mesin, peredam juga sebaiknya dipasang di firewall (dinding pemisah ruang mesin dan kabin), pintu, lantai, dan atap.

Terakhir, untuk membuat mesin diesel di mobil Anda dapat bekerja dengan halus, gunakan bahan bakar berkualitas. Selain membuat mesin berkurang getaran dan suaranya, penggunaan bahan bakar berkualitas juga membuat emisi mesin lebih bersih.