Mesin Juga Harus Kinclong, Banyak Manfaatnya

Friday, 21 October 2016

Kebanyakan pemilik mobil fokus pada kebersihan interior dan eksterior mobil dan kurang peka dengan kebersihan mesin. Padahal kebersihan mesin juga penting, tak hanya perlu servis dan isi oli aja.

Posisi mesin yang tertutup membuat pemiliknya enggan membersihkannya. Nggak mau repot dan lebih menyerahkannya pada bengkel saat servis besar. 
Kebersihan ruang mesin sama pentingnya dengan kebersihan eksterior mobil. Sebab kebersihan mesin tak hanya buat memuskan hati, tetapi juga akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Jika ruang mesin kotor, akan menyulitkan pemiliknya mendeteksi kondisi komponen yang ada di ruang mesin apabila mengalami gangguan. Misalnya mendeteksi adanya rembesan oli, kondisi karet, kapasitas cairan di tangki reservoir dan lainnya.

Sebaiknya ruang mesin rutin dibersihkan sekaligus memudahkan mendeteksi gangguan di ruang mesin. Caranya, gak terlalu ribet. Cukup dengan menutup beberapa bagian yang rawan air seperti sensor-sensor menggunakan selotip atau plastik. Lalu cuci dengan air bertekanan dan gunakan sampo mobil. 

Sikat beberapa bagian yang terlihat kotorannya tebal, lalu bilas dan semprot lagi. Setelah itu, angkat sisa air menggunakan kanebo. Yang penting hati-hati dengan sensor atau bagian yang rawan air. Selamat mencoba.