Panduan Ganti Velg, Keren Tapi Aman

Wednesday, 31 August 2016

Bikin tampilan eksterior mobil jadi ganteng dan beda, solusi paling gampang dengan ganti velg Ya, ganti tampilan velg OEM dengan yang aftermarket atau velg racing. Tapi ingat, harus tahu hitungannya. Tak hanya tampilan saja, tetapi juga harus perhitungkan kalau mau ganti ukuran. Pertimbangkan keamanan dan kenyamanan sehari-hari.

Untuk tampilannya, warna dan desain sebaiknya dimatchingin sama bodi mobilnya. Sedangkan bentuk, bahan, dan harga bisa disesuaikan selera dan kantong.  Di pasaran berbagai bentuk velg bisa jadi pilihan, baik yang stylish maupun racing style. 

Hanya saja, bahan velg aftermarket  premium banyak yang menggunakan campuran logam yang ringan namun kuat. Nah, bahan yang ringan dan berkualitas, juga akan mempengaruhi tarikan atau akselerasi mobil.

Hal penting yang mesti diperhatikan adalah ukuran PCD. PCD adalah jarak antar lubang baut pada velg. Untuk city car dan small-size sedan, biasanya ukuran PCD 100 sedangkan mini SUV atau mini MPV menggunakan 114 atau lebih. 

Kalau mau mengganti ukuran velg, penambahan normal maksimal hingga 2 inci dari standarnya. Misalnya velg ring 14 diganti dengan 16, dan 15 naiknya maksimal 17. Hal ini masih dianggap aman, karena tidak bikin ban mentok ke fender.

Perhatikan juga offsetnya (ET). Semakin kecil offset, artinya semakin lebar dan semakin keluar fender. Sedangkan offset yang terlalu lebar, bikin ban nempel di fender, sehingga ban cepat aus dan fender penyok, serta menyebabkan komponen kaki-kaki lainnya rusak. Biasanya kalau menggunakan offset lebar, ditambahkan spacer atau adaptor. Cara ini biasanya buat mobil yang turun balap. 

Selamat bereksperimen.