Pentingnya Servis Berkala untuk Kurangi Polusi Udara

Wednesday, 25 September 2019

Setiap kendaraan bermotor diwajibkan untuk melakukan kegiatan servis berkala. Tujuan utama untuk menjaga performa dari mobil itu sendiri dan yang tak kalah penting, untuk mengurangi polusi udara yang sekarang ini sedang menjadi konsen Pemprov DKI Jakarta.

Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di angka 189, yang berarti kualitas udara ibu kota tergolong tidak sehat. Angka itu masih bertahan hingga hari ini.

Rentang nilai AQI untuk mengukur kualitas udara yakni 0 sampai 500. Skor 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat. Kemudian, 201-203 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Setiap kendaraan bermotor berpotensi menyumbangkan polutan dan peningkatan polutan terbesar yang dihasilkan kendaraan terjadi ketika berada di lampu merah.

Untuk mengurangi polusi yang dihasilkan kendaraan yang menumpuk di lampu merah, maka servislah kendaraan sesuai waktunya atau yang disarankan oleh masing-masing pabrikan.

Perawatan atau servis berkala merupakan kegiatan merawat, menyetel, memperbaiki, mengencangkan, mengganti part-part pada kendaraan yang mengalami penurunan kinerja yang dilakukan dalam interval waktu tertentu secara berkala. Tujuan melakukan perawatan berkala yaitu untuk mengembalikan performa mesin agar mendekati kondisi spesifikasi semula.

Melakukan perawatan mobil secara berkala dapat membantu mengurangi emisi karbon. Gantilah oli mesin sesuai ketentuan pabrikan. Periksa tekanan angin ban secara teratur. Seperti diketahui, ban kempis membuat konsumsi BBM boros. Lalu, jangan lupakan juga untuk mengganti saringan bahan bakar, oli, udara sesuai anjuran. Saat service, Anda dapat pula sekalian meminta uji emisi di bengkel. 

Perawatan berkala merupakan salah satu kegiatan yang diwajibkan oleh pabrikan mobil karena dengan melakukan kegiatan perawatan secara berkala maka akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik kendaraan. Ingat juga isi BBM mobil Anda dengan BBM berkualitas sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik.