Perhatikan Posisi Layar Saat Parkir

Thursday, 19 October 2017

Salah satu masalah besar yang sering ditemui oleh pemilik mobil adalah melakukan parkir dengan baik dan benar. Maksudnya, tidak miring alias mengikuti garis parkir atau kurang mundur bahkan sampai mengambil space parkir yang disebelahnya. Masalah ini kerap terjadi meski pengemudi boleh dikatakan memiliki jam terbang tinggi dalam mengemudi mobil.

Produk Hyundai seperti All New Tucson dan New Santa Fe merupakan kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur cukup komplit. Salah satu fitur unggulannya adalah Eagle Eye View yaitu terdapatnya empat kamera yang memungkinkan pengemudi untuk melihat sekeliling mobil, termasuk ketika hendak melakukan parkir.

Terdapat sedikit perbedaan antara kedua SUV tersebut ketika pengemudi ingin melakukan parkir, khususnya parkir mundur, baik untuk mengisi slot parkir yang tersedia maupun melakukan parkir pararel. Apa bedanya? Berikut penjelasannya.

 

All New Tucson

All New Tucson yang menggunakan mesin bensin maupun versi terbaru yaitu menggunakan mesin diesel CRDi sudah dilengkapi rear view camera. Penempatan kamera mundur ini ada pada bagian belakang mobil atau lebih tepatnya dekat dengan posisi plat nomor.

Sedikit berbeda dengan mobil lain, ketika posisi tuas transmisi berada pada R, maka tampilan bagian belakang mobil tidak akan terlihat di layar head unit. Hyundai Indonesia menempatkan tampilan belakang mobil menyatu dengan spion tengah dan ditempatkan pada bagian kiri.

Walau menyatu dengan spion, tapi tampilan bagian belakang tetap terlihat jernih dan jelas terlihat. Garis pandu berwarna kuning dan merah tampak jelas dan akan memudahkan saat akan melakukan parkir mundur.

Untuk melakukan parkir mundur, pengemudi cukup mengikuti garis pandu yang tampak di layar. Bila mobil sedikit saja bergeser, maka garis kuning akan berubah menjadi merah, sebagai tanda posisi mobil tidak ideal. Sementara untuk mencegah benturan dengan benda atau tembok parkir, ditandai dengan bunyi sensor.

 

New Santa Fe

SUV ini juga dilengkapi dengan rear view camera yang diletakkan menyatu dengan plat nomor mobil bagian belakang. Kalau pada Tucson tampilan bagian belakang mobil akan tampak di spion tengah, maka pada Santa Fe tampilannya bisa ditemui pada Head Unit.

Tampilan bagian belakang juga dilengkapi dengan garis pandu untuk membantu pengemudi melakukan parkir mundur. Karena dilengkapi Eagle Eye View, maka tampilan di head unit dapat diatur. Setengah layar akan menampilkan bagian belakang mobil, sementara sisanya bisa memantau bagian lain dari mobil sesuai kebutuhan pengemudi.