Perhatikan Sebelum Mengganti Ban

Friday, 24 June 2016

Hyundai Lovers, ban mobil merupakan komponen yang sangat pentiing. Jika sudah waktunya mengganti ban, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apalagi jika ban yang anda gunakan sudah diubah ukurannya.
Paling tidak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengganti ban. "Pabrikan mobil mempunyai standar tertentu untuk dijadikan ban standar OEM. Jika Anda melakukan penggantian ban secara sembarangan, berpotensi menimbulkan dampak negatif,” kata Yusuf Wibisono, Marketing Manager Hankook Tire Co, Ltd dikutip dari laman Autobild.com.
Hal yang tidak kalah penting adalah peruntukkan ban tersebut. Apakah anda akan mengganti ban bertipe sport atau standard saja, sebab beda peruntukkan akan berbeda pula varian ban yang dipakai. Walaupun ban yang akan diganti memiliki ukuran yang sama, tetapi perbedaannya akan ada di load index dan speed index (Simbol Kecepatan).
Kalau anda ingin mengganti dengan ukuran ban yang lebih ekonomis anda juga harus memperhatikan konversi ukuran pada ban mobil anda. “Cara mudah mengkonversi ukuran ban adalah dengan memperhatikan lebar penampang ban dengan aspek rasionya. Bila lebar penampang ban dinaikkan satu tingkat, maka aspek rasionya wajib diturunkan satu tingkat pula, begitu juga sebaliknya,” tambah Yusuf.
 Semisal ban berukuran 185/55 R15, dapat diganti dengan ban berukuran 195/50 R15 atau 175/60 R15. Angka ini adalah kemampuan ban untuk menopang beban yang akan diterima. “Setiap ban memiliki batas kemampuan bobot yang diusungnya. Misalkan, indeks beban 70 maka ban tersebut dapat memiliki beban maksimum seberat 335 kg, sehingga saat dikalikan dengan keempat buah roda, maka didapat angka kemampuan load index 1.340 kg,” jelas Yusuf.
 Angka tersebut belum ditambah bobot penumpang dan bagasi tentunya. Semisal mobil mampu menampung 5 orang dengan beban rata-rata 70 kg per orang, ditambah bobot barang bawaan 100 kg. Maka total bobot load index harus mampu menampung 1.790 kg.
 Jadi, Anda harus mengetahui berapa total load index pada ban yang akan Anda gunakan agar mampu menopang bobot maksimal kendaraan, penumpang dan barang bawaan. Jika tidak, jangan heran kalau umur ban akan lebih pendek, karena load index ban tidak sesuai bobot yang diterima.