Servis Rem, Rutin Tiap 4000 KM

Wednesday, 12 October 2016


Rem menjadi bagian penting keselamatan dan kenyamanan mobil. Untuk itu jangan hanya injak pedalnya saja, tanpa melakukan perawatan. Sebab letak rem yang berada di bawah sangat rentan dengan kotor yang akan mengganggu kinerja pengereman. 

Untuk itu sistem pengereman harus dilakukan perawatan rutin.  Baik bagian bawah, meliputi brake pad dan drum brake, saluran minyak rem, kaliper, maupun tabung remnya termasuk penggantian minyak rem secara rutin. Dengan perawatan rutin, akan menjaga pengereman tetap pakem, dan menjaga part pengereman lebih awet.

Cek minyak rem sesuai aturan di buku petunjuk. Gunakan minyak rem sesuai aturan atau seperti yang tertera pada tutup tabung reservoirnya. Penggunaan minyak rem mengikuti aturan DOT 3, DOT 4 dan DOT 5. Ini sesuai dengan tingkat kenaikan suhu saat pengereman bekerja. Makin tinggi DOT-nya, makin tinggi suhunya. 

Mengganti brake pad apabila injakan rem sudah terasa dalam atau menempel ke lantai mobil. Segera lakukan pengecekan apabila merasakan sesuatu yang beda pada pengereman, misalnya ada bunyi-bunyian saat menginjak rem. 

Lakukan pembersihan rutin setiap 4000 kilometer atau setelah melibas banjir dan genangan air. Jangan biarkan debu dan kotoran nyelip berlama-lama, selain mengurangi kinerja, juga bisa menimbulkan karat bahkan merusak cakram. 

Jangan lupa gunakan brake cleaner setiap melakukan pengecekan dan pembersihan rem. Brake cleaner berfungsi menghindarkan sistem sistem pengereman dari karat dan mengikis debu serta kotoran yang nempel.