Tes Safety, Uji Benturan Di 64 km/jam

Sunday, 16 October 2016

 
Hampir semua mobil baru yang keluar di pasaran selalu melalui tahap pengetesan. Salah satu pengetesan yang dilakukan adalah uji tabrak yang dilakukan oleh badan independen Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Hal ini berujuan untuk mengetahui tingkat keselamatan dari mobil tersebut. 

Dalam pekerjaannya, Euro NCAP ini hanya terfokus pada bagaimana mobil tersebut aman dari tabrakan dan benturan, mereka tidak menilai kecepatan atau efisiensi bahan bakar.
 
Salah satu metode yang digunakan oleh Euro NCAP untuk mengukur tingkat keamanan mobil adalah dengan menggunakan dummies tes kecelakaan. Bukan sembarang dummies, melainkan dummies tersebut memiliki postur tubuh manusia yang di dalamnya telah ditanamkan sensor. Dari situ, maka mereka dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada manusia ketika mobil tersebut mengalami kecelakaan.
 
Untuk menilai ketahanan mobil, mereka akan melakukan uji tabrak ke sebuah penghalang dengan kecepatan 64 km/jam. Tes tersebut bermaksud untuk menguji airbag, sabuk pengaman, dan kekuatan struktural umum pada mobil. 

Bukan hanya itu, dalam sesi pengetesan tersebut Euro NCAP tidak hanya terfokus pada orang dewasa, melainkan mereka juga melakukan pengawasan terhadap penumpang anak-anak melalui dummies dengan usia 18 bulan hingga 3 tahun. Dummies tersebut telah ditanami sensor seperti dummies orang dewasa.
 
Selain melakukan tes tabrak dari depan, Euro NCAP juga melakukan tes dari samping. Dengan tes tersebut maka Euro NCAP bisa menilai sekuat apa dan seaman apa bodi mobil tersebut. Berdasarkan uji tes yang dilakukan baru-baru ini, salah satu jagoan Hyundai, yakni Hyundai Tucson telah melewati uji tes keselamatan tersebut dengan meraih hasil memuaskan. Euro NCAP memberikan lima bintang kepada Hyundai Tucson.