Tetap Nyaman Meski Berkendara di Siang Hari

Monday, 30 September 2019

Sebagian besar masyarakat termasuk yang menggunakan mobil, beraktivitas mulai dari pagi hingga malam hari. Tetapi, lebih sering melakukan kegiatannya di siang hari seperti pergi ke kantor atau ke tempat lainnya.

Mengemudi di musim kemarau apalagi di siang hari kerap memberi tantangan tersendiri, karena kondisi cuaca sedang panas-panasnya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum atau saat mengemudi di kondisi seperti ini.

Paling penting, yaitu pengemudi dan tentunya penumpang harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Sehingga hal pertama tentunya periksa fungsi AC atau pendingin mobil. Berkendara di musim kemarau tentunya menuntut pendingin udara di dalam kabin, jika tidak mau sauna di mobil. Kerja AC pun saat siang hari akan dipaksa kerja ekstra keras. 

Pun begitu dengan kondisi air radiator pada mesin. Pastikan volume-nya sudah sesuai takaran, jangan sampai berkurang atau kering yang pada akhirnya berdampak pada kerusakan mesin. Pasalnya kerja radiator juga akan lebih ekstra mengingat suhu di luar yang panas sehingga mesin mobil pun akan cepat panas.

Jangan lupa gunakan kacamata hitam atau sunglass ketika mengemudi di siang hari terutama saat matahari terik. Meski mobil Anda sudah dibekali dengan kaca film, teriknya sinar mentara bisa membuat mata menjadi cepat lelah. Dengan kacamata hitam, Anda bakal terhindar dari gejala tersebut.

Hal berikutnya adalah jangan mengisi angin setelah mobil jalan lama. Kalau bisa cek tekanan angin ban sebelum mulai berkendara. Sesuaikan tekanan angin dengan anjuran pabrikan mobil ya. Jika tidak di cuaca panas maka gesekan dengan aspal akan membuat suhu ban tinggi dan tekanan angin naik signifikan. Jika telalu keras, bukan tidak mungkin ban akan pecah di jalan.

Pastikan juga sebelum mengemudi, Anda sudah membawa minuman. Tubuh yang butuh konsentrasi tinggi saat berkendara tentu akan mengalami dehidrasi di kondisi panas terik. Pastikan juga minuman ini dalam jangkauan, sehingga bisa dapat diraih tanpa bantuan orang lain.

Terakhir, lakukan gerakan-gerakan sederhana yang dapat melancarkan peredaran darah Anda selama mengemudi. Jika benar-benar merasa lelah, lebih baik berhentilah sejenak untuk beristirahat sekaligus melakukan peregangan otot.

Jangan lupa jika sudah tiba di lokasi tujuan, sebisa mungkin hindari parkiran di bawah matahari langsung untuk melindungi bagian interior tersengat paparan sinar ultraviolet. Jika tidak ada, sediakan pelindung kaca depan sebelum meninggalkan kendaraan.