Waspada Bodi Miring, Kenali Penyebabnya

Monday, 26 September 2016

 
Bodi terasa tidak presisi, miring ke satu sisi? Ini biasanya disebabkan oleh bagian kaki-kaki yang mulai lemah. Jika mobil Anda mengalami kemiringan bodi, maka bisa dipastikan akan ada beberapa masalah yang mengikuti. Satu hal yang berdampak pada kemiringan, bodi mobil Anda kurang sedapnya mobil Anda jika dilihat dari bagian depan ataupun belakang. 

Untuk mengetahui bodi mobil Anda miring atau tidak, sebaiknya Anda melakukan pengukuran terlebih dahulu. Batas tolerasi kemiringan antara sisi kanan dan kiri adalah 3-5 mm. Jika lebih dari 35 mm, Anda patut untuk mengeceknya di bengkel dan melakukan perbaikan. 

Tak hanya tak enak dilihat, tapi juga ada risiko kenyamanan dan keselamatan karena bodi tak imbang dan komponen tidak dalam kondisi prima.  Untuk mengukurnya mudah kok. Parkirkan mobil di medan yang rata dan gunakan meteran biasa untuk mengukur tinggi ground clearence.
 
Dari beberapa komponen yang ada di zona kaki-kaki, penyebab utama bodi miring adalah peranti bushing dan karet-karet yang sudah mulai habis masanya. Terlebih untuk mobil yang menggunakan sasis tipe ladder, tentunya ini menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. 

Selain bushing dan karet-karet tadi, bodi miring juga bisa disebabkan oleh sokbreker. Peranti ini juga mempengaruhi ketinggian mobil karena pada bagian dudukan sokbreker atas atau lower arm sudah dalam keadaan tidak sempurna. Juga ball joint atau batang stabilizer dan per. Panjang per yang kian lama kian susut juga mungkin saja membuat mobil Anda tinggi sebelah.