5 Trik Mengemudi City Car

Tuesday, 18 July 2017

City car terlahir sebagai mobil yang praktis dan sederhana, dan bisa dikendarai oleh pengemudi yang baru bisa menyetir sekalipun. Namun meski praktis, tetap ada cara-cara mengemudikan city car untuk memaksimalkan performanya karena city car modern sudah dilengkapi fitur-fitur canggih.

Jadi ada baiknya kita mengetahui sedikit banyak fitur di city car agar tidak kaget saat mengemudikannya.

  1. Saat mengemudikan city car, jangan terlalu memikirkan tenaga mesin. Karena mobil ini didedikasikan untuk pemakaian di dalam kota dan mengutamakan efisiensi bahan bakar. Karakter city car lebih gesit, lincah, dan enak diajak untuk manuver. Ketika memasuki jalan bebas hambatan, jangan mengharapkan tenaga berlebih. Cukup mengemudi dengan kecepatan normal dan putaran mesin yang stabil. Selain lebih irit bahan bakar, juga menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.
  2. Karena dimensinya kecil, maka biasanya pabrikan hanya melengkapi city car dengan velg berdiameter kecil. Velg berdiameter kecil konstruksinya kurang kokoh, juga membuat bodi mobil gampang limbung saat bermanuver. Jadi sebaiknya hindari bermanuver secara ekstrem dengan city car.
  3. Posisi duduk pengemudi juga harus nyaman dan bisa menjangkau segala fitur di dashboard agar tidak mengalihkan pandangan dari jalan. Posisi duduk pun juga harus bisa menentukan sudut pandang, sebisa mungkin meminimalkan blind spot mobil ketika membelok.
  4. Hyundai Grand i10 sudah dilengkapi fitur tilt steering sehingga pengemudi lebih gampang mendapatkan posisi duduk ideal. Pengendalian dari Hyundai Grand i10 juga ringan berkat fitur Motor Driven Power Steering (MDPS).
  5. Karena peruntukannya untuk dalam kota, maka biasanya mesin city car mempunyai karakter akselerasi yang responsif. Ini cocok dengan lalu lintas perkotaan yang cenderung stop and go. Seperti mesin Kappa 1.248 cc yang dipasang di Hyundai Grand i10, mempunyai karakter akselerasi responsif meski pedal gas baru ditekan sedikit.
  6. Dengan sedikit injakan pada pedal gas, maka konsumsi bahan bakar lebih irit. Karena tidak perlu menginjak pedal gas secara berlebihan yang membuat konsumsi bbm lebih boros.
  7. Beberapa city car juga dilengkapi transmisi sequential. Fitur ini memungkinkan pengemudi bisa memilih transmisi manual atau otomatis untuk digunakan. Misal pada Hyundai Grand i10 yang dilengkapi dengan transmisi Shiftronic, pengemudi tinggal menggeser tuas transmisi ke kanan untuk menjadi transmisi manual. Selanjutnya tinggal mengoperasikan tuas transmisi ke bawah atau ke atas untuk berpindah gigi.