Active Shift Control untuk Mobil Hybrid Pertama di Dunia

Friday, 09 August 2019

Terobosan dalam hal teknologi selalu dilakukan oleh Hyundai di dunia. Belum lama ini Hyundai Motor Group telah mengembangkan teknologi transmisi Active Shift Control (ASC) pertama di dunia. 

Inovasi ini tentunya untuk mengoptimalkan efisiensi transmisi dengan memonitor perpindahan gigi 500 kali per detik, dengan tepat menyesuaikan kecepatan rotasi transmisi untuk waktu perpindahan yang lebih cepat.

Teknologi baru ini akan hadir di Hyundai Sonata Hybrid yang akan datang dan pada akhirnya akan digunakan di kendaraan Hyundai dan Kia hybrid yang akan datang.

ASC menerapkan perangkat lunak logika kontrol baru ke Hybrid Control Unit (HCU), yang kemudian mengontrol motor listrik untuk menyelaraskan kecepatan rotasi engine dan transmisi untuk mengurangi waktu perpindahan gigi sebesar 30%. 

Teknologi ini juga menghadirkan perubahan gigi yang lebih mulus meskipun waktu pemindahan gigi lebih cepat. 

"Pengembangan teknologi ASC pertama di dunia adalah inovasi luar biasa yang menggabungkan kontrol motor yang presisi untuk transmisi otomatis. Tidak hanya menghemat bahan bakar tetapi juga menyediakan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan bagi pelanggan kami," ungkap KyoungJoon Chang, Wakil Presiden dan Head of Powertrain Control System Group  Hyundai Motor.

Kendaraan hybrid konvensional tidak memiliki konverter torsi untuk lebih meningkatkan kehematan bahan bakar karena konverter torsi kehilangan energi selama proses transmisi. 

Meskipun hemat bahan bakar, sistem seperti itu juga membutuhkan waktu “shift” yang lebih lama untuk memastikan perubahan gigi yang lebih mulus.