Apa Efeknya Berkendara dengan Filter Udara yang Kotor?

Thursday, 16 February 2017

Dalam ruang pembakaran, udara yang bersih sangat diperlukan untuk menjaga proses pembakaran tetap optimal. Udara yang bersih didapatkan dari air filter atau saringan udara. Namun jika pada air filter menumpuk kotoran, tentu efeknya berpengaruh pada proses pembakaran di dalam mesin.

Filter udara yang kotor dapat mengurangi performa mesin. Pasalnya, udara yang masuk ke ruang bakar tidak lancar lantaran tersumbat oleh kotoran. Selain itu, mesin mobil juga menjadi cepat panas dan boros bahan bakar.

Untuk membersihkan air filter yang tidak terlalu kotor, bisa dengan cara menyemprotkan kompresor angin. Namun jika kondisinya sudah sangat kotor, sebaiknya cuci menggunakan air yang dicampur dengan sabun atau shampoo mobil.

Rendam selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu, keringkan dengan cara diangin-anginkan. Hindari menjemur air filter di bawah terik matahari. Pasalnya, air filter pada umumnya terbuat dari bahan karton.

Idealnya, Anda harus membersihkan air filter setiap 10.000 km. Namun jika sudah mencapai 40.000 km, sebaiknya lekas ganti air filter mobil kesayangan Anda.

Sekarang ini, di pasaran sudah beredar air filter aftermarket yang terbuat dari stainless steel yang mudah dibersihkan dan diklaim kemampuan menyaring udaranya sangat baik.