Daftar Ceklis Kendaraan Pra Mudik

Thursday, 23 May 2019

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kita untuk pulang kampung sekedar bersilaturahmi dengan saudara-saudara dan kerabat kita saat Hari Raya. Terutama bagi mereka yang berjuang merantau di Ibukota, satu tahun mengadu otot dan otak untuk meningkatkan nasib. Nah tentunya banyak alternatif moda transportasi dalam kaitannya dengan kegiatan tahunan ini.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan sendiri tentunya perlu mempersiapkan kendaraan anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan pada saat liburan.

Paling penting sebelum mudik adalah melakukan servis mobil terlebih dahulu. Tune-up yang meliputi cek kondisi filter udara, cek filter bensin, cek busi, bersihkan karburator/throttle body. Kalau ada parts yang perlu diganti, langsung diganti berikut oli kendaraan.

Periksa juga minyak kopling, minyak rem & minyak power steering. Jika kondisi mesin sudah oke, selanjutnya cek sistem pendingin mesin untuk menghindari gejala overheating (salah satu penyebab kendaraan mogok pada saat mudik yang terbesar) .

Selain mesin, kaki-kaki juga jadi titik penting. Salah satu indikasi yang paling mudah yaitu apabila tidak ada bunyi artinya kondisi dianggap masih baik.  Namun, memang lebih baik dicek ulang.

Spooring dan balancing juga perlu dilakukan mengingat perjalanan jarak jauh akan membuat kondisi kaki-kaki terutama ban lebih cepat aus. Dengan spooring dan balancing maka kita dapat mencegah kemungkinan kerusakan pada karet ban yang lebih lanjut.

Tidak lupa juga untuk membersihkan interior dan eksterior. Membersihkan bagian interior seperti dashboard, jok kursi dengan kain yang lembab dan dapat ditambahkan pengharum interior sesuai selera masing-masing. Untuk bagian eksterior kendaraan juga perlu mendapatkan perhatian, karena ini merupakan kesan pertama yang akan dilihat sewaktu tiba di tujuan.

Jangan lupa untuk membawa basic kit alat cuci kendaraan. Apabila perlu kendaraan dapat di wax untuk menambah kilap kesegaran pada kendaraan anda.