Daftar Makanan yang Pas Untuk Perjalanan Jauh

Friday, 24 May 2019

Menyambut musim mudik lebaran, bagi yang mudik menggunakan kendaraan, tentu Anda harus mempersiapkan segalanya untuk perjalanan jauh. Salah satunya bekal makanan. Memang tempat makan bisa dijumpai sepanjang perjalanan mudik. Tapi tak ada salahnya menyiapkan bekal makanan untuk disantap selama perjalanan. Untuk itu, harus memilih menu yang tahan lama dan tidak mudah basi.

Ketika memilih makanan yang tahan lebih lama, harus diakui, pengolahan dengan menggoreng atau tumis bakal menjadikan sejumlah makanan tidak cepat basi. Misal mie goreng atau tumis dengan taburan ayam. Sosis goreng juga jadi salah satu menu yang bisa tahan lama. Agar lebih variatif, bisa mencoba berkreasi seperti sosis gulung mie.

Untuk bekal lauk, hindari makanan basah dan pilih yang kering. Beberapa lauk kering yang bisa dipilih seperti: kering kentang, rendang kering, dendeng balado dan abon. Bisa juga mempertimbangkan ayam, tahu dan tempe yang digoreng dengan teman sambal. Untuk sambal agar awet, bisa juga memilih olahan seperti sambal bawang.

Sebagai pengganti serat makanan, siapkan bekal buah-buahan. Apel, jeruk dan pisang jadi pilihan yang mudah disantap, sehat dan cukup tahan lama. Tak ketinggalan, kurma. Kandungan yang dibawa kurma bisa jadi sumber energi ketika dikonsumsi. Hindari memilih sayur dan buah yang bisa membuat perut kembung.

Yang terpenting, siapkan air minum yang banyak untuk bekal perjalanan. Selain menghindari dehidrasi, mengonsumsi air putih berguna untuk meningkatkan konsentrasi saat mengemudi. Selain itu, bisa menyiapkan camilan sehat. Pilihannya beragam, bisa biskuit, kue kering, bapao, kacang sampai roti.