Fitur LED Side Glass Repeater, Dikembangkan Tim Hyundai Indonesia

Sunday, 23 April 2017

Salah satu fitur unggulan yang ditemui All New Hyundai Tucson versi diesel yakni LED Side Glass Repeater yang disematkan kaca spion kiri dan kanan. Fungsinya memudahkan komunikasi antar pengguna jalan. Karena posisi visualisasinya cukup jelas bila dilihat dari sudut pandang pengemudi lain. Sehingga ketika fitur lampu sein diaktifkan, maka lampu LED di kaca spion ini akan menyala dengan terang, memberikan informasi kepada pengguna jalan lainnya, baik pengendara motor mau pun pengguna jalan lainnya.

Fitur LED Side Glass Repeater sejatinya sudah disematkan varian Tucson mesin bensin, yaitu Tucson versi GLS dan XG. Namun pada All New Tucson CRDi, terdapat minor change terutama tampilannya. Jika versi sebelumnya hanya dilengkapi dua baris LED, kini hadir dengan tiga baris LED berbentuk anak panah. Dengan hadirnya fitur tersebut,  tampilan Tucson terlihat semakin mewah. 

Menurut Boyke Arief Setiawan, Product Planning Head PT Hyundai Mobil Indonesia, fitur ini ditanam pada Tucson karena beberapa unsur. “Sebenarnya yang kita ambil adalah uniqueness-nya saja. Dan mencoba terobosan baru dalam soal penempatan side repeater,” tutur Boyke. Dan yang lebih keren, ternyata fitur LED Side Glass Repeater ini hanya terdapat di market Indonesia saja. 

Hal ini dibenarkan oleh pernyataan dari Boyke. “Seperti tadi sudah dinyatakan, fitur ini hanya terobosan saja. Jadi opsi ini hanya terdapat di Indonesia, tidak ada di pasar lain,” tegas Boyke. Ia menambahkan, “Kebetulan fitur LED Side Glass Repeater ini kami kembangkan sendiri.” Sehingga menjadi keunikan tersendiri dan nilai jual lebih bagi All New Hyundai Tucson versi diesel.
 
Bagaimana bila ada pelanggan yang menginginkan tampilan LED Side Glass Repeater ini untuk diaplikasi Tucson versi sebelumnya? Apakah pelanggan bisa membelinya? Boyke menjawab, “Karena ini produk perkembangan dari kami sendiri, jadi produk ini tidak dijual di pasar bebas. Hanya tersedia di dealer resmi saja,” jawabnya. “Untuk spare part, kami menyediakan pelayanan purna jualnya,” tutupnya.