Hyundai Ioniq 2018: Efisien, Lengkap, dan Mampu Berjalan Lebih Jauh

Wednesday, 08 November 2017

Setelah mendapat banyak pujian ketika melakukan debutnya di Januari 2016, Hyundai di tahun 2018 akan memperkenalkan pengembangan terbaru dari hatchback hybrid mereka yaitu Ioniq. Hatchback fenomenal asal Korea Selatan ini akan mengusung beberapa perubahan signifikan, khususnya untuk pasar Amerika Serikat.

Jika sebelumnya konsumen Amerika memiliki komentar negatif terhadap hatchback hybrid dari Jepang, maka penilaian positif mereka berikan dari kehadiran Ioniq. Beberapa pengamat otomotif dan media Amerika menyatakan, Ioniq adalah sebuah hatchback kompak yang memiliki tingkat efisiensi tinggi dengan desain lebih modern, memiliki lebih banyak ruang, serta dilengkapi kenyamanan lebih berkelas.

Untuk model 2018, Hyundai secara resmi akan memasarkan model plug-in hybrid terbaru. Baik varian hybrid maupun plug-in hybrid menggunakan mesin 1.6 liter, 4 slinder Atkinson Cycle yang mampu menghasilkan 104 HP dengan torsi 148 Nm. Motor listrik 32 kW yang dimiliki varian hybrid setara dengan 43 HP. Sementara pada plug-in hybrid, motor listrik memiliki daya lebih besar yaitu 45 kW atau 60 HP.

Ioniq hybrid maupun plug-in hybrid menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan dual clutch. Hyundai menyatakan bahwa varian plug-in memiliki kemampuan untuk menempuh jarak tempuh 25 mil atau setara dengan 40 km. Jarak tempuh cukup jauh ini apabila mobil dalam mode all-electric.  

Daya lebih besar dimiliki oleh Ioniq EV. Menggunakan mesin konvensional yang sama dengan varian hybrid dan plug-in hybrid, Ioniq EV dibekali motor listrik sebesar 88 KW atau sama dengan 118 HP dengan torsi puncak mencapai 295 Nm. Sebagai penerus tenaga, Ioniq EV dipadukan dengan transmisi otomatis satu percepatan. Dengan mode murni listrik, klaim Hyundai menyatakan Ioniq EV sanggup menempuh perjalanan sepanjang 200 km.   

Bila dibandingkan dengan Ioniq ketika pertama kali diperkenalkan, Ioniq 2018 mengalami beberapa pengembangan. Pada model plug-in hybrid dapat menempuh jarah lebih jauh, 27 mil atau 43,5 km. Selain itu, pada model ini juga dilengkapi dengan paddle shift sebagai standar mobil. Paddle shif juga menjadi standar untuk model hybrid dan EV.

Semua model Ioniq 2018 juga mendapatkan fitur terbaru yaitu lane-departure warning dan  lane-keep assist function sebagai standarnya. Fitur ini berguna untuk memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mobil dideteksi keluar dari marka jalan. Tentu kehadiran fitur ini untuk meningkatkan keamanan selama berkendara.