Ini Makanan Anti Ngantuk Saat Puasa

Saturday, 25 May 2019

Intensitas mengantuk di siang hari saat puasa lebih tinggi ketimbang bulan lain. Tak cuma pola makan dan tidur yang berubah, penyebab lainnya dari makanan yang disantap saat sahur. Porsi dan jenis makanan yang kurang tepat, menyebabkan rasa kantuk yang berlebih saat puasa.

Ada beberapa makanan yang bisa menahan rasa kantuk untuk dikonsumsi saat sahur. Biasanya dari jenis buah, sayur dan kacang-kacangan. Buah seperti pepaya dan alpukat baik dikonsumsi saat sahur. Selain bisa menahan lapar dan mengurangi kantuk, pepaya dan alpukat sekalian menjaga kolestrol maupun tekanan darah. Buah beri dan ceri juga bisa membantu menjaga otak lebih tajam.

Dari sayur dan kacang-kacangan, bisa menambah menu bayam, kale, dan edamame. Sayuran kaya serat dan punya kandungan sehat. Bayam punya asam folat yang baik, kale kaya akan vitamin dan edamame punya kandungan lemak sehat.

Makanan protein tinggi juga penting, seperti dari daging. Ikan yang punya kandungan lemak sehat dan vitamin D bisa jadi menu sahur yang baik. Yogurt rendah lemak ternyata juga bisa jadi menu penangkal ngantuk. Namun perlu diingat, jangan konsumsi yogurt saat perung sedang kosong.

Itu beberapa jenis makanan yang bisa menahan rasa kantuk saat puasa. Sedang kalau butuh karbohidrat, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti dari beras merah dan gandum. Dengan porsi yang sesuai, bisa memberi energi cukup sampai saat berbuka puasa.