Mudik Naik Mobil, Waspadai Pergantian Gelap Terang di Jalan

Saturday, 25 May 2019

Mudik selalu menjadi aktivitas tahunan yang tak pernah dilewatkan masyarakat. Tujuannya adalah agar bisa berlebaran di kampung halaman bersama keluarga besar. Salah satunya adalah mudik dengan mobil pribadi yang masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia.

Sayangnya tidak hanya persiapan kendaraan saja yang harus prima saat pulang mudik naik mobil. Tapi juga wajib perhatikan kondisi fisik pengemudinya. Pasalnya kini nyaris tak bisa memilih waktu yang ideal untuk mudik Lebaran.

Mungkin Anda bisa berspekulasi lalu lintas di malam hari lebih sepi, tetapi kenyataannya malah terjebak di tengah malam hingga menjelang pagi. Bisa juga berangkat siang hari tetapi menjelang gelap posisi kendaraan masih ratusan kilometer dari tujuan akhir. Padahal sudah berjam-jam mengemudi.

Untuk itulah haris diwaspadai situasi peralihan saat berkendara dari terang ke gelap maupun gelap ke terang. Terutama pergantian dari gelap ke terang terlebih jika semalaman terus-terusan berkendara.

Mengemudi di malam hari membutuhkan kerja ekstra dari tubuh kita, mulai dari otak, mata, tangan dan kaki. Mata yang paling berat bebannya, karena saat di gelap malam mata dipaksa untuk menyerap lebih banyak sinar agar pandangan ke jalan tetap terpantau. Belum lagi ketika ada sorot lampu dari kendaraan yang berlawanan arah.

Kalau sempat terhadang macet, mata juga terpapar selama berkali-kali oleh lampu rem kendaraan yang searah jalannya.

Nah kalau semalaman dipaksa untuk melek dalam gelap, hingga bertemu sinar matahari jelas kinerja mata akan terganggu. Di antaranya perih, ngantuk dan membuat otot mata capek. Hasilnya, mata akan menutup terus karena kelelahan.

Jika sudah demikian, tidak ada cara lain. Harus istirahat, baik fisik maupun mata. Istirahatkan otot mata sejenak, sekitar 10-15 menit. Bisa dengan cara dipejamkan, atau juga senam mata. Yakni dengan melakukan gerakan melihat benda jauh dan dekat secara berulang-ulang dengan ritme yang diatur.

Lihat juga yang berwarna hijau. Hamparan sawah menjadi salah satu titik yang cukup baik. Cara lainnya yakni dengan membilas mata dengan air suhu suam-suam kuku (hangat). Ingat ya, bukan air dingin.  Untuk tubuh sendiri yang juga berkorelasi dengan mata, lakukan senam ringan. Gunanya untuk melancarkan otot dan persendian.

Tapi intinya adalah jangan lupa untuk beristirahat, jangan memaksakan diri jika memang sudah sangat Lelah. Gunakan juga kacamata hitam saat siang hari agar mata tak cepat lelah dan tidak silau. Selamat mudik!