Perawatan Radiator Mobil

Wednesday, 30 October 2019

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pemilik mobil, yaitu merawat bagian radiator. Padahal perannya sendiri begitu penting demi kelancaran suatun mobil dalam perjalanan.

Salah satu fungsinya, yaitu untuk mendinginkan air panas yang datang ke upper tank, mendinginkannya di pipa-pipa radiator lalu disalurkan lagi melalui lower tank. Sebenarnya tidak begitu jauh dari pengertian dan prinsip sirkulasi pada umumnya.

Oleh sebab itu, perlu dirawat oleh masing-masing pemilik mobil. Salah satu bentuk perawatannya, seperti menguras cairan radiator secara rutin sesuai dengan anjuran di buku servis kendaraan atau minimal pada setiap 40 ribu kilometer.

Kemudian ketika memasukan cairan radiator jangan sembarangan, gunakan cairan khusus untuk radiator (radiator coolant) yang dapat mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator.

Begitu juga saat menambahkan air radiator yang kurang sebaiknya menggunakan radiator coolant, jangan menggunakan air biasa atau mineral.

Kemudian ketika menambahkan air radiator, pastikan tangki reservoir dan radiator tertutup rapat sehingga radiator coolant tidak keluar saat temperatur mesin sudah panas.

Sedangkan saat mencuci mobil, semprot kisi-kisi radiator dengan air bertekanan tinggi sehingga kisi-kisi radiator bersih dari kotoran.