Pre-Delivery Order Inspection, Cermat Terima Mobil Baru

Tuesday, 30 August 2016


Mobil baru yang dipesan dari pameran kemarin sudah akan diantar? Walaupun excited, tak sabar punya mobil keren, tetaplah jadi konsumen cerdas. Jangan hanya langsung terima dan tanda tangan ketika mobil dikirim ke rumah. Tetapi ada hal yang mesti dicek saat sales atau petugas dealer yang mengantarkannya masih ada di tempat. 

Sebelumnya buat perjanjian pengiriman dengan petugas dealer. Sebaiknya lakukan pada saat hari masih terang, sehingga saat pengantaran dan pengecekan, semua bagian bisa terlihat dengan jelas. Selain meneliti bodi, mesin dan mencoba fitur-fiturnya, jangan lupa periksa dokumen kelengkapannya. 

Pemeriksaan pertama, tentu soal dokumen mobil, surat-surat dan kelengkapan pembelian. Kalau membeli lewat leasing pastikan juga asuransinya. 
Cocokkan data mobil yang ada di dokumen dengan yang ada di mobil, seperti bulan atau tahun manufaktur mobil atau biasa disebut sebagai nomor VIN). Apalagi kalau belinya pada tahun di kuartal pertama. Hal ini untuk memastikan tahun pembuatannya masih tahun yang sama atau sesuai permintaan. 

Periksa odometernya, masih dalam jarak wajar. Jangan sampai mobil yang dikirim sudah puluhan kilometer, bahkan kemungkinan kendaraan tes. Weleeh.

Waktu menerima, sebaiknya juga ditemani orang ketiga, saudara atau teman. Sehingga bisa memberikan tambahan info atau pertimbangan pengamatan dari sisi lain. 

Cek kelengkapan pendukungnya, seperti ban cadangan, kotak P3K, dongkrak ban, manual book, buku asuransi, kunci cadangan dan lainnya. Bahkan sebelum pengirim meninggalkan rumah jangan lupa minta kontak dealer atau bagian servis 24 jam yang bisa dihubungi.