Spesifikasi Lengkap Hyundai Tucson di Indonesia

Friday, 13 March 2020

Hyundai punya senjata andalan di segmen SUV medium untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Salah satunya adalah Hyundai Tucson, di mana namanya terinspirasi dari nama kota di Arizona, Amerika Serikat.

Hyundai Tucson merupakan satu paket lengkap yang menawarkan gaya desain yang elok dan fleksibilitas yang selalu diharapkan ada pada SUV manapun. Dirancang secara khusus oleh Hyundai Frankfurt, pusat desain di Jerman, Tucson telah terbukti mampu mengungguli rivalnya melalui tampilannya yang agresif namun stabil.

Hyundai Tucson untuk pasar otomotif Indonesia tersedia dalam tiga varian, yaitu GLS, XG CRDi, dan XG I. Ketiga tipe tersebut memiliki sejumlah perbedaan, mulai pilihan mesin hingga penyematan fitur pada sport utility vehicle (SUV) tersebut.

Tucson GLS

Hyundai Tucson GLS adalah tipe yang paling rendah, namun secara tampilan ketiga tipe ini tidak memiliki perbedaan mencolok. Pasalnya tampilan baru Hyundai Tucson yang lebih segar pada fasia depan beserta gril heksagonal yang mencolok, lampu utama LED yang stylish dengan LED DRL, serta kap mesin yang memiliki desain dengan lekukan dinamis. Fasia belakangnya juga mengadopsi kombinasi lampu LED yang unik dan pipa knalpot ganda berlapiskan krom dengan spoiler belakang.

Di bagian interior, Hyundai Tucson GLS ini masih menggunakan fitur hiburan dengan layar monokrom tapi sudah memiliki konektivitas ke smartphone melalui USB atau AUX. Tapi bagian jok sudah dibalut kulit dan di baris kedua tersedia ventilasi AC sendiri. Sementara kamera parkir tersedia yang ditampilkan melalui kaca spion tengah.

Fitur keselamatan juga sudah mumpuni dengan adanya dual SRS Airbag, kemudian ABS dan EBD. Untuk mesin, Hyundai Tucson GLS ini dibekali dengan mesin bensin tipe NU 2.0 MPI yang memiliki 4 silinder dengan 16 katup dengan teknologi D-CVVT. Mesin berkapasitas 1.999cc ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 158 PS pada setiap putaran mesin 6.200 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, SUV ini mampu memuntahkan daya sebesar 19.6 kg.m pada putaran 4000 rpm. Untuk meneruskan daya, tiga varian Tucson ini dimodali transmisi 6-speed otomatis dengan Shiftronic.

Tucson XG

Hyundai Tucson XG merupakan varian tertinggi dengan mesin bensin. Mesinnya sama seperti Tucson GLS yaitu NU 2.0 MPI yang memiliki 4 silinder dengan 16 katup dengan teknologi D-CVVT. Tenaga yang dihasilkan pun sama, karena menggunakan transmisi otomatis 6-speed dengan Shiftronic sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 158 PS pada setiap putaran mesin 6.200 rpm.

Perbedaan dengan tipe GLS adalah pada XG ini tersedia panoramic roof hingga ke baris kedua. Di mana fitur ini tidak tersedia di tipe GLS. Kemudian Hyundai juga menyediakan power tail gate di Tucson XG yang memudahkan Anda untuk buka tutup pintu bagasi dengan otomatis.

Perbedaan lain di sector tampilan adalah handle pintu di tipe XG dibalut chrome, begitu juga grille depan. Sementara pada cover foglamp dilapis oleh warna hitam glossy. Tidak hanya itu, kaca spion luar juga sudah memiliki lampu sen yang bisa terlihat dari dalam kabin.

Sementara layar hiburan sudah layar sentuh berukuran 8 inci dengan fitur GPS. Mode Auto juga tersedia untuk lampu depan yang akan menyala sesuai dengan kondisi cuaca luar. Untuk kunci pun sudah mengadopsi tipe folding yang bisa dilipat sehingga mudah disimpan. Mode berkendara Eco dan Sport juga tersedia di Tucson XG.

Dengan adanya mode berkendara ini maka konsumen dapat menyesuaikan gaya berkendara mereka sendiri. Mode Eco tentu membuat mobil berkendara dengan gaya hemat bahan bakar. Sementara mode Sport disiapkan bagi Anda yang senang memaksimalkan performa dan akselerasi SUV ini.

Tucson XG CRDi

Tipe ini adalah varian Tucson yang paling mahal, namun Hyundai juga membekalinya dengan fitur yang paling lengkap. Semua kelengkapan pada Tucson XG ada pada Tucson XG CRDi ini. Perbedaan utamanya adalah pada mesin, karena sesuai namanya Tucson XG CRDi ini menggunakan mesin turbodiesel 4-silinder dengan pasokan bahan bakar commonrail. Mesin berkode R20 ini sanggup memproduksi tenaga hingga 178 PS dan torsi 400 Nm. Torsi puncaknya mampu dicapai mulai dari putaran 1.750 hingga 2.750 rpm.

Fitur yang lain adalah Tucson XG CRDi ini sudah memiliki kamera 360 atau dikenal juga dengan sebutan Eagle Eye. Di mana seluruh bagian mobil ini dapat terlihat dengan jelas terutama ketika parkir atau melewati area yang sempit.

Bagian kabin pun dibedakan dengan adanya kombinasi dua warna atau two tone. Dengan paduan warna beige dengan hitam. Bagian kemudi ini juga kaya akan fitur karena sudah dilengkapi dengan Switch Steering Control yang memungkinkan pengemudi mengakses berbagai kebutuhan hiburan.

Sementara itu ketiganya memiliki piranti kaki-kaki yang sama, yaitu suspensi depan MacPherson Strut, lengkap dengan anti roll bar dan shock absorber gas. Sedang di belakang, terpasang suspensi multi link, yang juga dibekali shock gas.