Tekanan Ban, Kudu Pas, Tak Kurang Atau Lebih

Wednesday, 24 August 2016

Kalau ngomongin soal ban mobil, kita mesti memperhatikan ketentuan yang ditempel di mobil. Termasuk tekanan anginnya. Tekanan angin ban sangat menentukan kenyamanan dan keamanan kamu berkendara. Kelebihan atau kurang angin sama sama ada efek buruknya. Makanya sesuaikan dengan ketentuan standarnya. 

Jika kelebihan angin, maka daya cengkeram ban akan berkurang, sulit dikendlikan dan mudah selip. Hanya tapak ban bagian tengah ban yang menempel di aspal. Akibatnya, tekanan bertumpu lebih banyak di bagian ini. Ban jadi lebih cepat gundul di bagian tengahnya. Dengan angin berlebih, ban akan mudah terasa saat terbentur benda halus, tekanan akan makin keras dan mudah meledak. 

Tapi kondisi angin ban yang kurang pun tak kalah membahayakan. Bahkan efeknya lebih berbahaya. Bisa meledak, karena panas berlebihan. Kausan ban tidak normal di bagian samping. Karena dengan kondisi angin kurang, ban menjadi melengkung keluar saat dipakai jalan.  

Pada kondisi tersebut di atas, bagian pinggiran ban, lebih sering mendapat tekanan dan napak di jalan. Sehingga lebih gampang gundul di pagian pinggirannya.  Ban yang sering mengalami kekurangan angin juga bisa memungkinkan ban terlepas karena pegangan pada peleknya menjadi gak maksimal.

Uh, serem kan...