Tips Test Drive, Coba Dan Rasakan Semua

Friday, 12 August 2016

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar (11-21/8) tersedia area test drive. Buat yang lagi mau beli mobil baru, atau penasaran merasakan mobil yang baru diluncurkan, test drive area ini penting. Kudu dimanfaatkan. 

Nah, agar kesempatan yang terbatas ini bisa maksimal, mesti paham dulu jurus-jurus test drive. Prinsipnya, bagaimana dalam beberapa menit bisa dapat informasi atau gambaran mengenai mobil yang dijajal. Apa aja tuh?

Banyak unit yang disediakan untuk test drive. Maka cerdaslah sebagai pengunjung. Untuk melakukan test drive, pilih mobil sesuai incaran atau karaktermu. Sehingga Anda bisa melakukan penilaian yang baik. 

Jangan melakukan test sendirian. Tetapi ajaklah teman untuk memberikan pendapatnya tentang mobil itu, baik karakter, fitur dan kenyamanan di dalam mobil. 

Masuk ke kabin, rasakan kenyamanan kabin, lega atau nggak. Posisi duduk driver dan penumpang, baik depan maupun belakang, model dan kenyamanan duduk di jok. Bahkan kelengkapan seperti cup holder pun penting dicoba. Terutama kemudahan jangkauannya saat nyetir.

Lalu nyalakan kontak starter, cobalah semua fiturnya. Lampu-lampu, audio, AC, GPS, dan lainnya. Untuk lampu-lampu, lebih pas kalau test dilakukan pada sore hari.   

Memulai menginjak gas, rasakan pengeremannya, power stering, mesin dan display di dasbor yang mudah dilihat ketika berkendara. 

Rasakan juga seberapa tinggi kebisingan di dalam kabin. Semakin kedap kabin tentu semakin nyaman berkendara. Jangan lupa pelajari titik-titik blind spot mobil, terutama bagian kaca belakang. Apakah mobil punya solusi soal blind spot seperti kamera atau yang lainnya.  

Tes buat parkir, mundur dan paralel, untk mengetahui kemudahan saat parkir atau fitur parkir yang dimiliki mobil.  

Selamat mencoba...